Lingkungan

Krisis Iklim Global, Moral Manusia dalam Mengelola Bumi

Masih dalam suasana Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Memperingatinya bukan sekadar selebrasi, tapi semoga bisa menumbuhkan kesadaran pada diri kita bahwa kini kita dikepung oleh beragam persoalan lingkungan yang semakin memprihatinkan. Manifesto Prof Gerry van Klinken Sabtu pekan lalu (5 Juni 2021) bertajuk : Menuju Peradaban Ekologis untuk Indonesia, secara spirit pararel dengan Webinar KRISIS IKLIM GLOBAL: MORAL MANUSIA MENGELOLA BUMI Rabu 9 Juni 2021 malam ini.

Hadirnya manusia di abad modern membawa perubahan besar di planet bumi. Dalam waktu relatif singkat hanya dalam beberapa abad, planet bumi telah terpengaruh hebat. Terjadinya krisis lingkungan berkelanjutan membuat eksistensi manusia menjadi terancam tidak dapat berlangsung membawa peradabannya ke depan. Awal tahun 2020, dunia dilanda pandemi Covid-19 yang menyebar lebih ke 215 negara dengan total 11 juta orang terinfeksi.  Guardian, surat kabar berbahasa Inggris menulis pendapat Jane Goodal (primatolog: peneliti simpanse; dan antropolog Inggris), bahwa umat manusia akan “tamat” jika kita gagal mengubah sistem pangan secara drastis sebagai respons terhadap pandemi coronavirus dan krisis iklim yang tak berkesudahan.

Peradaban manusia dapat hilang, tidak berdaya, lumpuh dan rusak, akibat hubungan manusia dengan alam sudah melampaui batas daya dukung lingkungan. Manusia telah melampaui kemampuan daya dukung planet. Umat manusia terlalu serakah ingin menguasai bumi, bahkan dalam gaya hidupnya tertentu, manusia ingin mengisi perut dan memakan makanan yang tidak seharusnya dimakan oleh manusia yang beradab!

Kondisi lingkungan hidup seperti itu menjadi dilemmatis disebabkan manusia hanya hidup di satu bumi, tetapi tanpa sadar, atau secara sadar telah turut merusaknya.

Webinar berbasis referensi buku baru terbitan LP3ES (Juni 2021) berjudul: Generasi Terakhir: aktivisme Dunia Muslim mencegah perubahan iklim dan kepunahan lingkungan hidup  ini diselenggarakan oleh LP3ES bekerja sama dengan Universitas Nasional, dibuka oleh Fajar Nursahid Direktur Eksekutif LP3ES, dengan narasumber:

  1. Dr Fachruddin M Mangunjaya (Dosen Sekolah Pascasarjana; Ketua Pengajian Islam UNAS)
  2. Prof Azyumardi Azra (Cendikawan Muslim)
  3. KH Nasaruddin Umar (Imam Besar Masjid Istiqlal)
  4. Gita Syahrani

Author

Administrator